Laman

Minggu, 01 Januari 2012

Alun-alun Kota Batu yang Iconic

Alun-alun kota Batu terletak di jantung kota Batu tepatnya di jalan Gajah Mada. Melalui kota Malang kita dapat langsung menuju ke arah kota Batu. Cukup lurus saja dan dengan kondisi jalan yang baik kita akan tiba. Pertama yang terlihat adalah sebuah bianglala yang besar dengan dikelilingi buah-buah raksasa. Tak berlama-lama memandang kagum, segera saja memarkir kendaraan yang tersedia di sisi barat dan selatan alun-alun. Di lokasi parkir barat, berjejer dokar (delman, red.) yang siap mengantarkan kita berkeliling area alun-alun. 


Kesan Tiap Arah Masuk.
Masuk ke area alun-alun bisa arah mana saja. Bila masuk dari arah barat, terlihat apel dan stoberi raksasa. Sebenarnya, apel dan stroberi raksasa ini adalah sebuah toilet. Daripada hanya sebuah bangunan toilet, pemkot Batu mendesainnya menjadi bangunan yang menunjukkan icon kota Batu. Bila masuk dari arah selatan, terlihat beberapa ekor sapi yang ukurannya besar dengan penuh warna. Tentu, sapi ini bukan sungguhan. Sapi-sapi ini merupakan icon kota Batu. Masuk dari arah utara nampak dua buah kolam di kanan kirinya dilengkapi dengan air mancur. Begitu menenangkan dan menyegarkan. Di sebelah kiri terdapat area air muncrat. Anak-anak suka bermain disini. Air, lagi-lagi salah satu icon kota Batu. Dari utara sini, di sebelah timurnya nampak sebuah bundaran cantik dihiasi monumen Adipura. Ngobrol air, di alun-alun Batu ini telah disediakan beberapa keran air yang siap diminum kapan saja. Masuk dari arah timur nampak tulisan Kota Wisata Batu dihiasi sebuah kolam lagi. Masuk ke tengah, nampak sebuah kolam bundar dihiasi empat buah apel raksasa dengan latar belakang sebuah bianglala. Kita dapat menaiki bianglala ini dan menikmati suasana kota Batu dari atas. Perokok aktif? Tak perlu resah mencari tempat yang pewe karena telah tersedia beberapa spot.


Seputaran Alun-alun.
Puas berkeliling kawan-kawan bisa berkeliling di seputaran alun-alun. Bagi kawan-kawan backpacker dapat berjalan ke arah selatan dan barat. Kawasan ini banyak berjajar kios yang menjajakan dagangannya. Tak hanya produk khas kota Batu, kuliner pun dapat dipilih sesuai selera. Satu kios yang direkomendasikan adalah kios susu yang terletak di sudut barat paling kanan. Susunya benar-benar segar dan tetap terasa murni walaupun bukan rasa original yang dipesan. Bagi kawan-kawan yang mementingkan kenyamanan, berkunjung saja ke Batu Trade Centre (BTC). Lokasinya berada di sisi utara dan telah tertata dengan baik seperti layaknya mall. Berbagai macam produk khas kota Batu ada disini. Kenyang setelah bersantap dapat langsung berburu oleh-oleh untuk sanak keluarga. Adzan berkumandang, tak perlu kawatir bagi yang muslim. Di sebelah kiri BTC persis terdapat masjid agung kota Batu, An Nur namanya.


Pelengkap.
Alun-alun Batu merupakan titik awal dari lokasi wisata lain di kota Batu. Bagaimana tidak, kota Batu dikonsep berupa kota wisata. Mau mencari penginapan, banyak bertebaran atau  tinggal menuju ke Songgoriti. Mau ke wahana modern ada Jatim Park I dan Jatim Park II. Mau ke wisata malam datang saja ke BNS. Ingin melihat air terjun, yang terkenal ada Cuban Rondo, Cuban Rais, dan Cuban Talun. Wisata kuliner banyak. Wisata keluarga ada. Gua ada. Rafting ada. Paralayang ada. Pemandian ada. Perkemahan ada. Agrowisata ada. Bahkan untuk sekadar cangkruk, datang saja ke Payung. Mau kemana? Tinggal pilih, lengkap . . . .




Apel dan Stroberi raksasa
Air siap minum
Tengah alun-alun
Batu Trade Centre

Masjid An Nur
Depot susu

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih
Semoga bermanfaat dan menginspirasi


--dofollow dan termoderasi--