Laman

Rabu, 04 Januari 2012

Berlibur dengan Budget Minim

Rutinitas sehari-hari menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Baik itu sebagai karyawan, wirausaha, mahasiswa, pelajar, pendidik, atau apapun itu pasti suatu ketika merasa jenuh dengan kewajiban yang harus dipenuhi setiap harinya. Kejenuhan itu akan menimbulkan imajinasi dari dalam jiwa untuk pergi ke suatu tempat sehingga dapat menghilangkan kejenuhan atau paling tidak dapat sedikit terkurangi. Rencana liburan pun disusun dengan rapi mulai dari kapan berangkat hingga oleh-oleh apa yang bisa dibawa pulang. Namun semua seakan sirna ketika waktu yang direncanakan kurang tepat karena kondisi dompet yang kering. Tak sedikit diantara kita yang akhirnya menunda rencana untuk berlibur dan menunggu saat yang tepat (finansial). Tahukah kawan, kegiatan berlibur terdengar sepele dan banyak disepelekan orang namun apa yang akan terjadi bila rasa jenuh ini tak kunjung terobati?

Berlibur tak harus mengeluarkan banyak uang, bahkan selembar lima puluh ribuan rupiah saja bisa membuat liburan kita terasa begitu indah. Simak tips berlibur dengan budget minim berikut ini:
  1. Gunakan motor. Tinggalkan mobil di rumah dan gunakan motor. Menggunakan motor tentu akan mengurangi biaya bahan bakar. Tapi ingat, motor yang irit bensin. Cukup Rp10.000 saja bisa mengantarkan kita keliling puluhan kilometer pulang pergi. Selain itu juga mengirit biaya parkir dan dapat menyelip diantara kemacetan. Menggunakan motor akan lebih berkesan bila sambil berboncengan dengan sang kekasih. Jangan lupa kenakan helm dan bawa jas hujan.
  2. Kunjungi museum. Museum mana yang mengenakan tarif masuk mahal? Saya belum pernah menjumpai. Oleh karena itu, museum sangat cocok bagi kita berbudget minim. Dengan biaya murah kita dapat berlibur di museum sambil lebih mengenal dari dekat artefak-artefak yang disajikan sehingga dapat menambah wawasan. Selain itu, banyak spot yang dapat dijadikan objek untuk mengabadikan momen.
  3. Taman kota. Lokasi rumah jauh dari kota? Inilah fungsinya motor. Di taman kota kita tak perlu membayar tiket masuk. Cukup memarkir motor dan kita dapat berkeliling taman. Sebelumnya, kenalilah taman yang dikunjungi. Setiap taman pasti punya keunikan mulai dengan dilengkapi wifi, kolam pancing, wahana bermain, jogging track, arena ketangkasan, panggung hiburan, bahkan ada taman yang mendatangkan rusa dari luar daerah.
  4. Kebun binatang. Lokasi berlibur yang satu ini juga bertarif masuk murah. Dengan area yang luas kita dapat berkeliling seharian melihat satwa-satwa yang ada. Lebih seru lagi, kita juga dapat memberi makan satwa secara langsung. Bila kebun binatang yang kita kunjungi terdapat monyet berkeliaran, waspadalah terhadap barang bawaan karena tiba-tiba bisa hilang. Untuk itu, jangan membuat monyet itu tertarik untuk mendekat. Bungkusan kresek kecil sebaiknya jangan ditenteng sembarangan.
  5. Pantai. Bila wilayah rumah tak jauh dari pantai maka tak ada salahnya untuk mengunjungi pantai tersebut. Pantai berpasir putih maka kita bisa bermain pasir atau melakukan olahraga voli pantai. Bila pantai berhutan bakau maka kita bisa mengelilinginya juga atau memancing ikan-ikan yang bersembunyi di balik akar pohon. Beragam aktifitas dapat kita lakukan sesuai dengan karakteristik pantai.
  6. Bergelut dengan air. Air selalu memberi efek menenangkan. Walaupun di kamar mandi saja sudah bisa bergelut dengan air, tapi cobalah kunjungi tempat yang mengandung air. Baik itu air mancur, sungai, pantai, hingga kolam renang. Asal jangan mengunjungi waterpark karena biaya masuknya tidak ramah bagi kita yang berbudget minim.
  7. Baca buku. Apabila hanya ingin duduk bersantai di lokasi-lokasi yang telah disebutkan maka liburan kita dapat diisi dengan membaca buku di bawah pohon rindang sambil mengecap makanan ringan ditemani semilir angin sepoi.
  8. Pasar tradisional. Belum pernah mengunjungi tempat yang satu ini? Jangan langsung berfikir yang buruk-buruk. Dengan budget yang minim kita dapat membawa pulang beragam belanjaan dengan harga yang murah. Tapi ingat, kita harus pintar memilih agar belanjaan yang dibeli tidak terbuang percuma. Yang perlu diingat, pasar tradisional tidak hanya menjual buah dan sayur. Jajanan pasar yang jarang ditemui akan mudah kita cicipi disini. Di lain sisi, walaupun harga yang diawarkan sudah murah, kita bisa menawarnya sehingga harga yang didapat menjadi semakin murah.
Masih bingung? Cobalah buka pikiran dan amati lingkungan sekeliling, kita bisa menemukan tempat berlibur yang sebenarnya dekat dengan kita namun tak pernah terbayang sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih
Semoga bermanfaat dan menginspirasi


--dofollow dan termoderasi--